Jumat, 07 Oktober 2016

HUKUM MENGIKUTI MANHAJ SALAF

HUKUM MENGIKUTI MANHAJ SALAF

Syaikh Shalih bin Fawzan al Fawzan hafizhahullah

Pertanyaan:
Apa hukum mengikuti manhaj as salaf ash  shalih (jalan yang ditempuh Nabi Muhammad dan para sahabatnya) dalam aqidah, ibadah, dakwah kepada Allah. Sunnah ataukah wajib?

Jawaban:
Wajib bagi perorang mengikuti ahlussunnah waljamaah dalam aqidah dan amal serta seluruh perkara agama dan dunia.

Ini wajib atas seorang muslim karena Allah 'Azza wa Jalla berfirman:

(وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنْ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ)،

“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya, mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.” [At-Taubah: 100]

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:

Umat ini akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan. Semuanya dalam neraka kecuali satu golongan. Mereka bertanya: Siapa golongan itu wahai Rasulullah? Beliau bersabda: Siapa saja yang ada di atas apa-apa yang seperti aku dan para sahabatku jalani pada hari ini.

Inilah perkara yang Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam wasiatkan dengannya.

http://www.alfawzan.af.org.sa/node/14223

http://bit.ly/Al-Ukhuwwah

السؤال: ما حكم اتباع منهج السلف الصالح في العقيدة والعبادة والدعوة إلى الله هل هو سنة أم أنه واجب؟

الجواب: واجب الفرد اتباع أهل السنة والجماعة في العقيدة وفي العمل وفي جميع أمور الدين والدنيا هذا واجب على المسلم فالله جل وعلا قال: (وَالسَّابِقُونَ الأَوَّلُونَ مِنْ الْمُهَاجِرِينَ وَالأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ)، اتباعهم واجب على المسلم قال صلى الله عليه وسلم: "وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة"، قالوا من هي يا رسول الله قال: "من كان على مثل ما أنا عليه اليوم وأصحابي"، هذا اللي أوصى به الرسول صلى الله عليه وسلم.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar